Kelompok Radikal Terinspirasi Kartosowiryo

ImageSosok Sekarmadji Maridjan Kartosoewiryo, pendiri Darul Islam yang memproklamsikan berdirinya Negara Islam Indonesia (NII) pada 1949, hingga kini masih sangat berpengaruh bagi gerakan-gerakan Islam radikal mutakhir di Indonesia, bahkan Asia Tenggara. Banyak kelompok seperti Jamaah Islamiyah, Laskar Jundullah, dan beberapa lainnya mengaku terinspirasi oleh gerakan Kartosowiryo.

Pendapat ini dikemukakan oleh Herdi Sahrasad, pengajar Universitas Paramadina dalam Diskusi bertajuk “Islamic Radicalism Among the Youth” yang digelar oleh American Institute for American Studies (INAFIS) di kampus Sampoerna School of Education, Jakarta, Selasa 15 Mei 2012.

Menurut dia, meski saat hendak dihukum mati oleh pemerintah Indonesia Kartosoewiryo berwasiat agar semua pengikutnya kembali ke pangkuan pemerintah RI dan menghentikan perjuangan bersenjata untuk mendirikan NII, namun ideologi dan gerakan Kartosoewiryo sangat menginspirasi kelompok-kelompok radikal kini.

“Faktor yang melatari tumbuhnya kelompok radikal memang kompleks. Ada banyak isu yang didengungkan oleh mereka yaitu penolakan terhadap kapitalisme global, problem kemiskinan, ketidakadilan, dan sebagainya. Kendati demikian ada benang merah yang memertemukan kelompok-kelompok tersebut yakni sosok Kartosowiryo sebagai inspirator,” tandas Herdi.

Lebih lanjut, Herdi  menyebut bahwa lemahnya penegakan hukukemiskinan rakyat, korupsi yang masif, dan problem lain yang tak kunjung terselesaikan oleh Negara membuat kelompok-kelompok radikal menemukan momentum untuk bertumbuh kembang. “Karena itu mendesak bagi pemerintah untuk menyelesaikan semua problem tersebut untuk meminimalisasi perkembangan gerakan radikal,” tegasnya.

Selain Herdi, narasumber lain dalam diskusi ini adalah Khozin Amirullah (Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam MPO) dan Michelle Buchler, Ph.D (pengajar ilmu politik di Northern Illinois University Amerika Serikat).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s