Peran intelijen di Papua lemah

ImageMasih sering bergolaknya situasi keamanan di Papua membuktikan belum ada koordinasi matang antara polisi dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Untuk menjaga keamanan agar kondusif, kedua institusi itu harus saling koordinasi. Kemarin masih terjadi korban penembakan di Papua. “Pada saat saya beberapa waktu lalu bersama tim komisi ke Papua sampai ke wilayah perbatasan Papua Nugini memang permasalahannya sangat kompleks dan aparat intelijen belum ada koordinasi yang baik,” kata Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo melalui pesan singkatnya kepada media, Jumat (8/6).

Tjahjo berharap, TNI dan Kepolisian harus kompak mengusut masalah ini secara serius. Sebab, jika tidak akan merugikan institusi TNI khususnya.

“Saya yakin bukan TNI atau Polri tapi ada gerakan tanpa bentuk yang seharusnya jajaran intelijen di Papua sudah bisa membaca dan mendeteksinya akan gelagat dinamika perkembangannya ke arah mana mendalami lingkungan strategisnya,” jelas dia. Dia yakin, pemicunya bukan dari kelompok Papua yang meminta referendum. Tetapi hanya kepentingan kelompok tertentu yang menyulutkan kondisi tidak nyaman di Papua.

“Ini indikasi hanya propaganda oknum tertentu dengan kepentingan kelompok kecil menyudutkan masyarakat Papua,” jelas dia.

Pemerintah Pusat seharusnya melalui Instruksi Presiden khususnya aparat Intelijen dan aparat keamanan terpadu membentuk tim turun secara total di Papua mengusut sampai tuntas. Jika perlu berkantor di Papua. Karena penegakan hukum harus obyektif dan berkeadilan.

“Hargai masyarakat Papua secara terbuka dengan reward dan punishments yang adil, dibutuhkan pemimpin tidak sekedar berkuasa di Papua tapi pemimpin berkeadilan atau adil di Papua,” harap dia.

One comment on “Peran intelijen di Papua lemah

  1. damai1 mengatakan:

    masa sihhh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s