Subhanallah, Umat Islam Kota Malang Sholat Ied di Halaman Gereja Katedral

Di tengah kondisi intoleransi yang naik grafiknya, apa yang terjadi di kota Malang saat lebaran tahun ini sangat pantas dijadikan suri teladan bagaimana seharusnya kehidupan ideal antarumat beragama di Indonesia. Ada yang Indah nan mengagumkan saat pelaksanaan sholat Ied 1433 H di kota Malang. Umat Islam di kota tersebut melaksanakan sholat Ied di halaman Gereja Katedral Malang.

Bahkan yang lebih menarik dan membanggakan lagi, menurut opini yang berkembang, kerukunan yang terjalin antarumat beragama di Malang sudah terjadi semenjak puluhan tahun yang lalu. Banyak peristiwa-peristiwa yang merepresentasikan tingginya tingkat keharmonisan dan toleransi di kota apel tersebut. Misalnya ketika perayaan Natal, umat Islam setempat turut membantu mengamankan geraja. Pun sebaliknya seperti yang terjadi pada Idul Fitri tahun ini.

Perbedaan agama bukanlah suatu alasan untuk tidak bisa hidup bersama. Perbedaan agama bukanlah suatu alasan untuk tidak bisa menjadi negara maju. Justru harmonisasi perbedaan adalah sumber kekuatan yang tiada tara dahsyatnya bagi Indonesia.

Idul Fitri bisa dimaknai sebagai kembali ke fitrah. Kembali kepada kondisi alamiah ketika tidak ada noda baik lahir maupun batin. Semacam kondisi yang mengafirmasi ketiadaan, kekosongan dan kesetaraan dalam keberagaman.

Sumber: Kompasiana.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s