Penegakan Hukum Melemah, Intoleransi Makin Parah

ImageStatus yang biasanya dilekatkan pada masyarakat Indonesia sebagai warga yang ramah dan toleran kini mulai dipertanyakan. Kesangsian ini bersumber dari hasil survei yang dilakukan LSI mengatakan bahwa tingkat intoleransi di Indonesia ternyata meningkat.

Apabila berbicara faktor penyebab meningkatnya intoleransi, tentu ada banyak hal yang bisa disebutkan. Kemiskinan dan pendidikan yang rendah adalah salah satu dari sekian banyak faktor penyebabnya. Namun bagaimanapun juga, ada hal yang sangat penting sekaligus berperan dalam membendung tindak intoleransi, yaitu tegaknya supremasi hukum.

Menurut aktivis anti-diskriminasi Guntur Romli, kekerasan yang terjadi akibat lalainya negara selalu pemegang otoritas keamanan dan kekuasaan. Artinya negara melalui hukum dan piranti lainnya tidak bersikap dan bertindak tegas. Padahal jelas hanya negara yang berhak memonopoli kekerasan.

“Negara tidak hanya telah membiarkan berlangsungnya sejumlah kekerasan terhadap kaum minoritas di Indonesia, tetapi dalam banyak kasus negara juga terlibat dalam melakukan kekerasan itu” ungkap Guntur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s