Cegah Aksi Teror di Poso, Siskamling Harus Digalakkan

ImageMabes Polri mengimbau kepada masyarakat Poso agar kembali mengaktifkan program Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) untuk mendeteksi segala bentuk kegiatan yang bertujuan menciptakan teror di masyarakat.

“Untuk menjaga situasi di sana, Polri telah bekerjasama dengan TNI, dan masyarakat dengan mengaktifkan kegiatan yang sifatnya pengamanan berupa sistem keamanan lingkungan (siskamling),” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (24/10/2012).

Dua ledakan bom terjadi di Poso dalam kurun waktu satu bulan terakhir ini. Melihat pergerakannya, pelaku teror di Poso melancarkan aksinya pada dini hari untuk mencari lokasi yang dianggap tidak terlalu ketat pengamanannya.

Sehingga pada jam-jam rawan tersebut dibutuhkan pengamanan ekstra supaya tidak lagi kecolongan. “Kelompok teror mulai beraksi antara pukul 24:00 hingga 06:00 WIB pagi. Mereka bergerilya di kota. Bahan bom ditaruh di antara waktu itu,” kata Boy.

Hingga kini, tim gabungan dari Polres Poso, Polda Sulawesi Tengah, Mabes Polri, dan TNI masih bersiaga menjaga keamanan di Poso. Terutama, di dusun-dusun yang dianggap sebagai tempat perlintasan orang-orang yang diduga sebagai pelaku teror.

Polisi pun menjalin kerja sama dengan masyarakat, untuk sama-sama mengumpulkan informasi terkait keberadaan pelaku teror di Poso, yang diduga kuat dipimpin pentolan-pentolan teroris yang selama ini menjadi buronan polisi.

Masyarakat pun diimbau supaya tidak terprovokasi dengan tindakan-tindakan teror yang mulai menyerang simbol-simbol agama.

“Yang positif sekarang, masyarakat tidak mudah tergiur melakukan atau mendukung kegiatan mereka,” ujar Boy.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s