Aksi Terorisme Mencoreng Citra Islam

Image12 Oktober 2002, negeri ini dikejutkan oleh ledakan bom yang memorak-porandakan tempat hiburan dan wisata di Pulau Dewata Bali. Aksi terorisme yang terjadi di Bali ini menelan korban begitu besar. 202 nyawa melayang, sebagian besar adalah wisatawan mancanegara.

Aksi yang tidak berkeperimanusiaan ini, disinyalir ulah kelompok teror yang dilakukan oleh Imam Samudra, Amrozi, Ali Imron, Umar Patek, dkk. Ia merupakan aktivis Jamaah Islamiyah (JI) yang sering dikaitkan dengan Alqaeda pimpinan Osama bin Laden.

Sebelum terjadi Bom Bali I, beberapa aksi teror bom sudah terjadi di belahan negeri ini sejak tahun 2000-an, diawali pengeboman Kedutaan Besar Filipina di Jakarta pada 1 Agustus 2000. Beberapa pengamat menyebut bahwa aksi-aksi teror bom di Tanah Air dipicu oleh fatwa Osama bin Laden pada Februari 1998. Kala itu Osama mendeklarasikan World Islamic Front dan mengeluarkan fatwa yang menyerukan kewajiban jihad fi sabilillah melawan tentara dan warga sipil Amerika Serikat dan Barat di mana pun berada.

Tragedi bom yang terjadi di Tanah Air, tentu sangat merugikan Islam. Sebab, Islam yang dikenal sebagai agama rahmat bagi alam semesta tercoreng akibat ulah sekolompok kecil yang tidak bertanggung jawab. Khatib ‘Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Dr KH Abdul Malik Madani, MA, sangat menyayangkan atas sejumlah peristiwa memalukan yang mengatasnamakan agama dan mencoreng citra Islam ini.

“Islam tidak mengajarkan kekerasan apalagi tindakan terorisme. Terorisme jelas tidak mungkin dinisbatkan kepada Islam, namun kepada orang-orang yang mengaku sebagai orang Islam, mungkin saja karena kesalahan mereka dalam memahami ayat dan ajaran Islam itu,” kata Dosen Ilmu Tafsir Fakultas Syari’ah UIN Sunan Kalijaga pada Lazuardi Birru.

Selain itu, Anggota Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat ini juga mengajak umat Islam untuk bersama-sama mengembalikan image Islam sebagai agama cinta damai. Karena menurut dia, mereka yang melakukan tindakan kekerasan dan berpaham radikal hanya bagian kecil. Dan mayoritas umat Islam, khususnya di Indonesia menginginkan hidup dalam kedamaian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s