Presiden: Perlu Kerjasama Internasional Penanggulangan Terorisme

ImagePresiden Susilo Bambang Yudhoyono menyerukan pentingnya kerja sama internasional menghadapi aksi-aksi teror yang dilakukan oleh sekelompok orang yang memiliki pandangan radikal.

Saat menyampaikan pidato dalam plenary session II di KTT ASEAN Europe Summit (ASEM) di Vientiane, Laos, Selasa (6/11), Presiden mengatakan, kerja sama yang dikembangkan antara lain berupa penegakan hukum, kerja sama semua pihak di bidang penddidikan dan juga dialog.

“Saat ini kita juga harus mencegah dan mengakhiri aksi-aksi terorisme. Dalam hubungan ini penegakan hukum, kerja sama internasional dan juga pendidikan sangat penting. Kita juga harus menghadapi kondisi yang dapat memicu aksi terorisme seperti kemiskinan, salah dalam memahami ajaran agama dan juga penistaan agama,” tegasnya.

Presiden mengatakan isu penistaan agama sangat sensitif dan sangat mudah dijadikan alasan untuk terjadinya aksi-aksi radikal. Ia mencontohkan Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim, penistaan agama bisa memicu terjadinya aksi radikal.

“Oleh karena itu, penting adanya promosi dialog antar agama termasuk dialog yang melibatkan berbagai pihak secara global. Saya senang dalam kesempatan ini dialog intermedia yang dilakukan untuk mencegah terjadinya aksi provokasi dan agitasi terhadap pemeluk agama yang berbeda sudah dilakukan oleh Indonesia dan pemerintah Norwegia,” kata Presiden.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s