Pemerintah Mesti Tegas Tangani Kelompok Ekstrem

Image

Pemerintah diharap tegas dalam menghadapi kelompok-kelompok ekstrem yang bertebaran di tengah-tengah masyarakat saat ini. Hal tersebut diungkapkan Habib Abu Bakar bin Hasan Al-Atthas. Menurut dia, praktik pembiaran hanya akan menimbulkan keresahan pada masyarakat.

Bagi Habib Abu Bakar, menertibkan kelompok-kelompok pengganggu adalah bagian dari tugas pemerintah. Sebagai pengayom masyarakat, ia berkewajiban melindungi kebebasan setiap kegiatan ibadah di masyarakat. “Pemerintah seharusnya menangani, jangan santai saja. Nanti meluas,” kata Habib Abu Bakar seperti dilansir NU Online.

Pernyataan tersebut muncul usai menerima sejumlah laporan warga tentang aksi pembubaran paksa oleh penganut kelompok ekstrem di beberapa majelis taklim di Kota Depok.

Majelis taklim di Masjid al-Falah Tanah Baru, Beji, Depok, misalnya, pernah menjadi sasaran pembubaran. Pelaku dengan paksa merampas pengeras suara dan membentak jamaah untuk segera membubarkan diri. Dalihnya, pembacaan ratib yang diselenggarakan mengganggunya. “Padahal (ritual pembacaan ratib) itu terjadi bakda Isya’. Jam delapan aja belum,” kata H Nasruddin, pemimpin majelis taklim.

Setelah diusir, Nasruddin beserta jamaahnya terpaksa beralih tempat dari masjid ke sebuah mushalla. Beberapa anggota majelis taklim trauma dan tak ingin mengikuti kegiatan rutin itu lagi.

Dalam kondisi ini, Habib Abu Bakar tetap mengimbau masyarakat untuk bersikap dewasa dan bijaksana. “Kami mohon kepada masyarakat, ulama, dan warga NU untuk menghadapinya dengan akhlak, tidak dengan kekerasan,” kata dia.

Meski demikian, bagi Habib yang mengaku berdarah NU ini, sikap tegas harus ditunjukkan tatkala para pengganggu sudah bertindak melampaui batas, seperti melakukan kekerasan fisik dan pengusiran paksa. Melaporkannya kepada pihak berwenang merupakan langkah yang paling baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s